Pertemuan IV, Proyek CB: Interpersonal Development

Nama: Luciana Melvina

NIM: 1701297141

Kelas: LA44

Pertemuan IV

26 Mei 2015, pukul 11.00-13.00

 

  • Laporan Kegiatan:

Pada pertemuan terakhir ini kami kembali menyerahkan uang hasil penjualan minyak goreng bekas kepada masing-masing pedagang batagor. Selain itu kami juga melakukan evaluasi terhadap para pedagang. Apakah mereka mengikuti saran yang kami berikan, bagaimana hasilnya. Apakah masalah-masalahnya dan harapan-harapan ke depan. Kami juga memberikan nomor telepon kontak pengumpul minyak goreng bekas sehingga para pedagang batagor dapat secara mandiri menjual minyak goreng bekas tersebut ke pengumpul tanpa melalui kami (sebagai perantara).

 

Kami juga meminta umpan balik dan testimonial dari para pedagang terhadap semua hal yang telah kami lakukan mulai dari penyuluhan, pendekatan personal, membantu menjual minyak goreng bekas, dan lain-lain. Umpan balik dari para pedagang positif, ada pula beberapa saran yang diberikan seperti dapatkah kita membuatkan program untuk meningkatkan penjualan mereka.

 

Terakhir, kami menempelkan stiker “Batagor enak dan sehat” pada semua pedagang yang mengikuti saran kami. Semua pedagang mau mencoba untuk melakukan perubahan sesuai dengan anjuran kami. Maka dari itu penempelan stiker ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada para pedagang dengan harapan mereka terus melanjutkan hal baik tersebut dan selalu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Selain itu dengan penempelan stiker ini kami berharap para Binusian dapat semakin percaya dengan peningkatan kualitas dari batagor yang dijual sehingga batagor tersebut menjadi lebih laris. Tentu saja kegiatan ini kami tutup dengan menyantap bagator bersama.

 

  • Evaluasi:

Pada pertemuan akhir ini kami merasa senang karena para pedagang melakukan peruabahan sesuai dengan anjuran yang kami beritahukan yaitu mengganti minyak goreng dengan lebih rutin, menjual kembali minyak goreng bekas pakai ke pengumpul, dan menggunakan saus sambal yang lebih terjamin kualitasnya.

 

  • Pelajaran yang didapatkan berkaitan dengan mata kuliah CB: Interpersonal Development:

Pelajaran yang kami dapatkan dalam pertemuan ini adalah tentang menghargai perbedaan dan cara berkomunikasi yang asertif. Menghargai perbedaan yang kami maksud adalah perbedaan status antara kami (mahasiswa) dengan para pedagang batagor. Dimana kami mencoba untuk memahami mereka dan menghargai perbedaan pendapat/opini dan kebiasaan yang mereka punya. Sementara komunikasi yang asertif diperlukan agar mereka tidak merasa tersinggung atau direndahkan atas saran-saran yang kita berikan.

 

Kami juga belajar tentang kerja sama bagaimana kami sebagai sebuah tim harus saling mendukung dan menyemangati.

Foto Kegiatan:

1433349385734rsz_120150525_144606

 

tfi logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *