Pertemuan III, Proyek CB: Interpersonal Development

Nama: Luciana Melvina

NIM: 1701297141

Kelas: LA44

Pertemuan III

19 Mei 2015, pukul 11.00-13.00

 

  • Laporan Kegiatan:

Pada pertemuan ketiga kami menyerahkan uang hasil penjualan minyak goreng bekas kepada para pedagang batagor. Kami menyerahkan masing-masing Rp. 7.000,00 kepada para pedagang. Kami juga mengambil kembali minyak goreng bekas dari para pedagang untuk kemudian kami jual kembali.

 

Selain itu kami juga melakukan perbicangan secara personal kepada para pedagang batagor. Apakah saran kami telah diikuti, perubahan dalam hal apa saja yang sudah dilakukan sesuai dengan yang telah kami jelaskan. Kami juga menanyakan masalah-masalah atau kendala yang dihadapi oleh para pedagang selama menerapkan solusi dari kami.

 

Salah satu masalah yang dihadapi adalah membeli saus sambal yang baik. Para pedagang masih bertahan menggunakan saus sambal curah karena saus sambal bermerk yang ada di pasar terlihat lebih mencurigakan. Memang ada beberapa saus sambal yang bermerk malah justru lebih berbahaya dari saus curah. Sementara bila membeli saus sambal dengan merk terkenal, pada pedagang merasa keberatan karena biaya bahan baku yang dikeluarkan akan meningkat. Mengenai masalah ini, kami mencoba memahami para pedagang. Kami merasa saus curah yang ada di pasaran belum tentu berbahaya juga. Jika saus tersebut tidak memiliki ciri-ciri saus berbahaya yang telah kami sosialisasikan, harusnya saus tersebut aman. Namun kami tetap merekomendasikan para pedagang untuk mencari saus sambal bemerk yang tidak terlalu mahal namun memiliki izin dari BPOM.

 

Tentang minyak goreng, para pedagang mengaku telah mengganti minyak goreng menjadi 2-3 kali dalam satu hari. Meski belum sesuai dengan anjuran yang kami berikan, kami tetap mengapresiasi perubahan yang dilakukan karena hal ini menunjukkan peningkatan kualitas dari makanan yang dijual.

 

  • Evaluasi:

Pada pertemuan ketiga ini kami lebih mengontrol hal-halĀ  perubahan yang telah dilakukan oleh para pedagang sambil berbicang-bincang secara personal tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Kami juga menggunakan corong minyak agar minyak goreng bekas yang dituang menjadi lebih mudah.

 

  • Pelajaran yang didapatkan berkaitan dengan mata kuliah CB: Interpersonal Development:

Pada pertemuan ini adalah melakukan persuasi yang efektif dengan para pedagang. Bagaimana cara kita mempengaruhi mereka agar mau mengikuti saran yang kita berikan.

 

Di sisi lain, kami juga memperlajari tentang bagaimana mengelola konflik/masalah yang muncul atas ide yang kami berikan. Kami bekerja sama untuk memberikan solusi bagi masalah-masalah tersebut.

Foto Kegiatan:

1433353660066

rsz_20150525_1328131433349367970tfi logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *